ARTI PENTING ORIENTASI PEMASARAN
Manajemen strategi orientasi
pasar adalah sistem yang dirancang untuk membantu manajemen dengan cepat dalam
membuat, menentukan strategi, melalui usaha menciptakan visi strategi.
Keputusan suatu strategi yang dirumuskan akan menunjukkan daya kekuatannya,
perubahan atauproses dari terbentuknya strategi.
Suatu strategi biasanya disusun
untuk jangka waktu lebih satu tahun, bahkan kadang dalam beberapa dekade masih
bisa dipergunakan.Terdapat perbedaan kemampuan yang nyata untuk menentukan
taktik, dan strategi, biasanya bisa dilihat dalam biaya pemakaian sumberdaya
dan penggunaan waktu yang tersedia, baik itu hanya untuk sekedar pengulangan
strategi atau perubahan strategi. Kadang-kadang suatu keputusan yang salah
merupakan pemborosan biaya yang berlebihan, dimana hal itu akan dapat mengancam
eksistensi organisasi.
Visi Strategi adalah pandangan ke
depan dari satu atau beberapa strategi. Walaupun realisasi strateginya yang
optimal untuk diterapkan perusahaan mungkin segera dapat dikembangkan
dilaksanakan atau mungkin ditunda. Sebab bisa jadi perusahaan tidak siap atau
timbul kondisidarurat. Sebuah Visi Strategi akan berisi petunjuk dan maksud
tentang strategi dan aktivitas strateginya.Peranpenting dari sistem dalam
pengertian ini adalah untuk dengan cepat sebaik mungkin dapat membuat strategi.
Didalam kenyataan,
mengidentifikasi kebutuhan untuk diantisipasi dalam strategi seringkali menjadi
tahap yang rawan. Keruwetan besar sering terjadi, karena strategi bukan hanya
menunjukkan keputusan yang dibuat tetapi lebih menunjukkan aktifitas/kegiatan
proses pembuatannya.
Selanjutnya peran penting dari
manajemen strategi orientasi pasar adalah agar tidak timpang dalam memilih
alternatif-alternatif strategi yang paling baik, yaitu dari banyaknya
analisa-analisa yang dilakukan guna diperoleh keleluasaan memilih sesuai
ciri-ciri tertentu alternatif yang ada.
Berbagai manfaat dan keuntungan
penerapan manajemen strategi orientasi pasar adalah :
Mempercepat pertimbangan dalam
pemilihan strategi.
Pertimbangan kemampuan jangka
panjang.
Meningkatkan keakuratan dalam
keputusan alokasi dana.
Melengkapi metode untuk membantu
menganalisa strategi dan membuat keputusan.
Melengkapi manajemen strategi dan
sistem kontrolnya.
Memperbaiki komunikasi dan
koordinasi baik secara verti-kal maupun horizontal.
Membantu mengatasi perubahan.
Sedangkan beberapa bisnis yang
mempunyai kepentingan menggunakan pendekatan manajemen strategi orientasi pasar
diantaranya adalah
Membutuhkan strategi yang multi
fungsional.
Membutuhkan pengembangan sinergi
antar pasar.
Membutuhkan koordinasi strategi
dari bermacam merk.
Melibatkan keberadaan pasar yang
kompleks dan banyaknya elemen marketing mix.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar